Banyak orang mengira cara mencuci baju bayi dan orang dewasa sama saja. Padahal, jelas berbeda. Misalnya, pada saat memilih deterjen yang akan digunakan. Untuk baju si kecil, seharusnya menggunakan deterjen untuk baju bayi. Karena, deterjen khusus tersebut telah diformulasikan khusus. Kandungannya pun disesuaikan untuk kebutuhan pakaian dan kulit bayi.

Apa Sih Bedanya Mencuci Baju Bayi Dengan Baju Dewasa?

Pemilihan Deterjen Yang Benar

Pencuci anti bakterial

Cara mencuci baju bayi dengan orang dewasa pada dasarnya sama saja. Namun, yang membedakannya adalah deterjen dan air yang digunakan. Untuk deterjen, gunakanlah pencuci anti bakterial, dan deterjen khusus untuk baju bayi. Sedangkan, untuk airnya menggunakan air hangat sekitar 30 hingga 40 derajat celcius. Jika tidak ada air hangat, bisa juga menggunakan air dengan suhu normal.

Proses Pencucian Bayu Bayi Dan Baju Dewasa

Proses pencuciannya pun sama saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah memisahkan terlebih dahulu kain popok dengan pakaian lainnya. Cuci terpisah kain popok dengan baju lain. Gunakan tempat khusus untuk kain popok Anda. Karena, popok biasanya memiliki noda yang cukup kotor dibandingkan dengan pakaian yang lain.

Khusus untuk pakaian dengan noda membandel, rendamlah terlebih dahulu. Biarkan pakaian hingga noda terangkat sepenuhnya. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Dengan cara ini, noda membandel akan teratasi. Jangan lupa juga untuk segera mencuci pakaian bayi yang terkena tumpahan susu atau makanan.

Perhatikan Kandungan Dalam Deterjen Dan Sesuaikan Dengan Jenis Baju

Selain cara pencucian yang benar, penting juga untuk memilih deterjen yang tepat. Gunakan deterjen khusus untuk bayi. Sebelum membeli, pastikan deterjen tersebut merupakan produk terpercaya. Pastikan juga kandungannya tidak memiliki bahan yang keras dan pewangi.

Jika Anda masih ragu dengan deterjen, cobalah terlebih dahulu. Belilah satu deterjen berukuran kecil saja. Gunakan untuk satu atau dua kali. Lihatlah hasilnya, apakah kulit bayi tetap aman? Jika aman, Anda bisa terus mencobanya. Namun sebaliknya, jika bereaksi kurang baik pada kulit bayi, segera hentikan pemakaian. Mintalah rekomendasi dari orang yang sudah berpengalaman.

Nah, itulah cara-cara yang tepat dalam mencuci pakaian bayi. Selain cara pencucian, pilihlah jenis deterjen yang tepat. Karena, deterjen juga dapat mempengaruhi hasil pencucian baju si kecil.